TIPS...!! Pemanasan Badan Sebelum Bermain futsal yang ramai orang tidak amal kan... TIPS no 4 Sangat MENARIK...





Pemanasan adalah penting sebelum memulakan aktiviti futsal. 

Pemanasan berfungsi antara lain: meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan detik jantung secara bertahap, mengurangi resiko cedera, menguatkan daya pikir dan mental yang lebih positif 

Pemanasan sebelum bermain futsal dapat dilakukan dengan cara melakukan jogging atau lari-lari kecil mengitari lapangan futsal selama 5-10 menit, pemanasan akan menghangatkan otot dan persendian sehingga otot menjadi lebih lentur dan tahan terhadap cedera.

Setelah itu lakukan peregangan yakni dengan meregangkan otot selama 8-10 hitungan pada bagian telapak kaki, betis, tungkai atau pergelangan kaki, pinggang, bahu, lengan dan kepala. Hal yang harus lebih mendapat perhatian yakni pada bagian pinggang ke bawah terutama pergelangan kaki, betis, lutut dan paha, sebab dalam bermain futsal, bagian-bagian tubuh ini mendapat beban yang lebih dari gerakan lari, mengolah bola, dan menendang bola. Tidak jarang para pemain futsal banyak yang mengalami cidera, terkilir di pergelangan kaki atau luka pada lutut ketika terjatuh.



Beberapa bagian tubuh atau otot yang harus dipersiapkan sebelum bermain futsal, terutama bagian pinggang ke bawah.: 

1. Pergelangan Kaki, bagian pergelangan kaki sangat berperan dalam bermain futsal apalagi saat menendang, menggiring atau mengontrol bola. Bagian ini juga yang sering mengalami cidera saat bermain futsal. Pemanasan untuk pergelangan kaki akan sangat membantu mengurangi potensi cidera. Lakukan gerakan memutar-mutar pergelangan kaki dengan tumpuan ujung kaki ke arah kanan dan kiri, pastikan sampai Anda rileks dan pergelangan tidak terasa kaku.

2. Betis, bagian kaki yang satu ini juga rawan akan cidera. Biasanya cideranya berupa kram / otot tertarik. Untuk pemanasannya cukup dengan melakukan lari-lari kecil sebelum bermain.

3. Lutut, bagian lutut juga perlu mendapat  pemanasan yang cukup. Pada bagian ini sering terjadi benturan, apalagi lutut juga berfungsi untuk menopang tubuh Anda saat bermain. Untuk pemanasannya bisa dengan berlari kecil dengan lutut diangkat lebih tinggi (sejajar pinggul) atau squat jump kecil.

4. Otot Paha, selain bagian-bagian tubuh diatas, bagian lain yang perlu mendapat pemanasan adalah otot paha. Otot paha adalah pemberi kekuatan saat kita menendang bola. Mungkin kerja otot ini lebih berat dibanding otot-otot lain saat bermain futsal. Untuk itu, sebaiknya jangan lupakan memberi porsi pemanasan yang cukup untuk bagian ini. Pemanasan bisa dilakukan dengan melakukan perenggangan dibagian otot paha ini, misalnya mengangkang kemudian tubuh direndahkan sehingga bertumpu di lutut, badan dipalingkan ke kiri atau ke kanan sehingga terasa tarikan di paha terutama paha bagian bawah. Atau bisa juga dengan mengangkat paha dan lutut sampai menempel perut, kemudian tarik lutut ke samping sehingga terasa tarikan di paha. Kombinasi lainnya terserah anda, yang intinya berfokus pada perenggangan otot paha.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk rekan-rekan futsal
.

facebook KLIK PANGKAH 2 KALI UNTUK TUTUP Button Close